Tantangan Saya untuk Anak SMK

DIAN 17Pada setiap rangkaian safari saya ke daerah, saya selalu menyempatkan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa, atau ceramah motivasi pada para siswa sekolah menengah atas di daerah setempat. Dalam safari ke Sumedang dan Subang, Jawa Barat, 11-12 April 2012, saya juga menyempatkan melakukannya.

Kalau biasanya saya memberikan ceramah di SMU, kali ini yang jadi tuan rumah adalah SMK. Yang saya singgahi adalah SMK Bina Taruna, Jalancagak, Kabupaten Subang. Ini adalah sekolah kejuruan yang berada di kawasan perkebunan teh dan memiliki tiga program keahlian: Teknik Otomotif serta Teknik Komputer dan Jaringan. 

Seperti halnya di tempat-tempat sebelumnya, saya memberikan ceramah motivasi untuk mereka agar pantang menyerah dan sukses dalam hidup. Tips berwirausaha secara umum dan pengalaman saya selama ini juga saya berikan. Sebagian besar sudah saya tulis di blog ini.

Intinya yang saya tekankan adalah bahwa dalam memulai usaha itu tidak harus memiliki uang atau modal yang besar. Ini penting, sebab sebagian besar masyarakat kita beranggapan bahwa berwirausaha harus dimulai dengan uang, sehingga banyak yang tidak berani memulai berbisnis karena merasa tidak punya modal. DIAN 18

Padahal tidak begitu, karena yang dibutuhkan adalah ide. Ide yang kreatif dan inovatif lah yang menentukan sukses tidaknya sebuah usaha. Kalau kita punya ide kreatif, tawarkan pada pengusaha atau orang yang memiliki modal, kerja samakan dengannya untuk pembiayaannya, lalu negosiasikan untuk berbagi keuntungan. Tak hanya teori, saya juga memberikan contoh kongkrit dengan pengalaman saya.

Namun dari komentar kebanyakan yang mendengar, termasuk yang muncul di blog dan media sosial saya selama ini, rata-rata mereka bilang, “Bapak sih enak punya jaringan banyak jadi gampang dapat investor atau orang yang mau memodali atau meminjami uang.”

Karena itu, saat di SMK Bina Taruna saya menantang mereka. Saya minta mereka menelorkan ide yang bagus sesuai keahlian mereka. Saya minta mereka membuat prototipe produk tertentu, misal, kendaraan bermotor atau piranti lunak (software) komputer. Jika bagus, saya siap membiayai, dari mulai riset, perancangan, pembangunan atau pembuatan, dan sebagainya.

DIAN 19Saya katakan pula, jika SMK Negeri 2 Solo, Jawa Tengah, bisa membuat prototipe mobil yang diberi nama Esemka Rajawali, tentu SMK Bina Taruna harusnya juga bisa. Tidak harus mobil, memang. Barangkali bisa membikin prototipe, misal, sepeda motor, mesin traktor, atau aplikasi komputer, dan sebagainya. Prinsipnya, kreatif dan inovatif. Beda dengan yang lain.

Sayangnya, saat saya melontarkan tantangan itu, belum ada siswa yang langsung berani menerimanya. Mungkin malu atau masih pikir-pikir. Tapi, saya bilang, kalau ada, silakan kirim surat yang bertuliskan ”saya menerima tantangan Bapak”. Saya tunggu suratnya hingga 21 hari, dihitung sejak hari itu. Itu saja dulu. Kalau sudah begitu, baru dikirim proposal proyek prototipenya.

Saya juga telah meminta Kepala Sekolah, Ibu Neneng Tresnawangsih, untuk memfasilitasi jika ada siswa-siswinya yang memiliki ide-ide kreatif-inovatif dan berani menerima tantangan saya itu. Boleh secara perorangan atau pun kelompok.DIAN 8

Selama ini di blog atau media sosial juga banyak yang menawarkan ide usaha dan minta modal. Namun, rata-rata idenya tidak atau belum menarik. Tidak ada bedanya dengan usaha-usaha yang sudah ada.

Jadi mari kita tunggu saja, apakah siswa-siswa SMK itu berhasil menjawab tantangan saya. Saya hakulyakin banyak anak muda Indonesia punya ide besar dan berpotensi jadi pengusaha besar.

    • Saladdin
    • April 13th, 2012

    mantaap pak….

  1. ya alloohhhhhhhhhhhhhh kapan saya bisa menemukan jalan kesuksesan seperti bapak H.aburizal bakrie

    • Arissoleh
    • April 14th, 2012

    Saya pasti bisa menjadi seperti bapak

  2. pasti, Arissoleh

  3. @mujianto..berdoa dan berusaha..di mana ada kemauan,di situ ada jalan..

    • yayang herdiana
    • April 16th, 2012

    bapaK adalah motivasi saya untuk menjadi orang yg lebih baik dari hari sekarang

    SAYA PASTI BISA MNJADI ORANG SEPERTI BAPAK

    • fanny fauzia
    • April 20th, 2012

    suntikan m0tivasi yg bagus pak !

    saya sbg alumni SMK sring kali brpikir sprti kbnyakan orang. .
    sbuah pencerahan yg bgus.mksh pak

  4. Assalamualaikum…., Wr. Wb.

    Salam Sejahtera Bapak ku yang baik hati dan tidak sombong?
    Buku yang Bpk berikan kepada Sekolah kami, betul-betul membuat kami ingin menjadi seperti Bpk.

    Bagi kami atau seorang guru yang selama ini di pandang hanya sebelah mata oleh para Pejabat, mohon kiranya Bpk tidak melupakan kami.

    • zulfan
    • April 21st, 2012

    Pak saya punya banyak ide bisnis, boleh saya minta alamat email bapak supaya saya bisa kirim proposal dan business planningnya thanks pak , salam kenal zulan ceo zi

  5. @zulfan: kirim ke sini cath.tarq@yahoo.com

    • arif
    • April 25th, 2012

    Kiai saya menasehati : setiap 4 tahun ada perubahan dalam fase hidup manusia yang bekerja keras.

    Jika setelah 4 tahun jatuh, mungkin naiknya akan dikatrol tinggi sekali

    Intinya ad proses dan kesabaran memperjuangkan ide dan kerja keras.

    • muhammad
    • May 4th, 2012

    bapak memang membuat saya termotivasi untuk bangkit dalam usaha, salam dari gresik jawa timur

  6. Senada dengan zulfan makasih infonya pak, pak ada beberapa hal yang saya ingin sampaikan :
    1. Pak kalau kalau kedaerah misal ke purwokerto kaya kemaren, yang dikunjungi jangan cuma Institue Negeri yang sudah bonafide semacam Unsoed dan SMA Negeri 2.. kenapa? bapak belum melihat potensi kota purwokerto sesungguhnya banyak sekali pak orang2 berbakat disana, tapi mereka stag ditempat terhambat birokrasi dan dikalahkan birokrasi contohnya ada seorang penggiat petani mina yang bisa dikatakan mempunyai prospek sukses yang besar yah mungkin bagi bapak ini bukan ide briliant dan terkesan biasa, tapi satu hal pak, dia mau berbagi pengetahuan dan wawasan kepada yang lain,.. bahkan merelakan sebagian waktunya unuk mengkaderisasi petani2 mina muda dan saya sangat melihat dia berpotensi, dan masih banyak potensi2 lainnya pak.
    2. kalau bapak bisa memberikan tantangan, saya juga ingin memberikan tantangan sanggup berapa banyak bapak mencetak pengusaha muda dengan modal Rp. 0,- tentunya ini akan menarik yang bapak cukup lalukan memberi mereka motivasi dan kesempatan saja, klo perlu dibikin reality show
    3. Terakhir senada dengan maz zulfian saya juga ada beberapa ide bisnis dan mungkin sedikit ide poitik untuk bapak gak jamin membantu atau tidak, kalau berkenan secepatnya saya kirim terakhir saya mohon doa restu namun bukan meminta belas kasihan doakan saya bisa membuat sanggar kegiatan belajar untuk anak putus sekolah dan yang gak mampu bersekolah,.. ketika sanggar itu jadi dan besar sukur2 sampai sekolah gratis saya pribadi dan jika bapak berkenan ingin mengundang bapak,.. karena saya sebenarnya suka gaya bapak dalam berbisnis yg sejatinya mengjarkan pengusaha tidak boleh cengeng dan gampang menyerah, jujur sampai saat ini pun saya masih jatuh bangun .. tapi aku bersyukur aku belum pernah se sen pun meminta belas kasihan orang lain ..
    maaf pak kalau kepanjangan dan terkesan curhat itu sja semoga bermanfaat .. walaupun sangsi yang njawb pak Abu Rizal Bakrie beneran atau administratornya tapi yang penting semoga bapak membaca ini terima kasih, Semoga bapak menang diperiode besok itu pun kalau mencalonkan diri hehehehehehe

    • bambang
    • May 16th, 2012

    Mantap.perlu adax d0r0ngan dtngah ktdakmampuan ..smg upaya yg lakukan murid SMK BINA trsbt mampu trwujud dan mampu mencetak generasi bngsa yg mandiri,in0vatif,dan kreatif

    • bambang
    • May 16th, 2012

    Bguz..perlu adax d0r0ngan dtngah ktdakmampuan ..smg upaya yg lakukan murid SMK BINA trsbt mampu trwujud dan mampu mencetak generasi bngsa yg mandiri,in0vatif,dan kreatif

    • gus ayoung
    • May 19th, 2012

    Saya adalah ketua remas di sebuah dusun di kabupaten Bondowoso,jawa timur.
    saya berharap di bondowoso
    1.akan ada sebuah SMK JAHIT MENJAHIT dan MEMBATIK,yang nantinya bisa bekerja mendesain BATIK KHAS BONDOWOSO,dengan motik alam dan budaya Bondowoso,seperti GERBONG MAUT,KAWAH IJEN,ADUAN SAPI DLL.Selama ini Bondowoso hanya dikenal dengan kota TAPE.
    2.Java Raung (kopi loak khas bondowoso )bisa merambah pasaran internasional.
    terimakasih

  7. Bagus

    • umiyati
    • June 12th, 2012

    SAYA PASTI BISA

  8. Assalamualaikum
    saya ingin sukses seperti bapa .
    menjadi orang yang sukses
    yang bisa dibanggakan
    dan bisa membantu saudara^ yang kurang mampu.

    1 alasan saya ingin sukses yaitu saya ingin membahagiakan ke dua orang tua saya,keluarga dan orang lain yang membutuhkan,
    tapi saya tidak percaya diri
    karena kemampuan saya yang sangat rendah
    kadang saya yakin mampu menjadi orang SUKSES

    gimana caranya agar saya bisa dan yakin
    akan menjadi orang yang sukses seperti bapa ???

    dimohon dijawab dan kasih solusi nya ya pa :-)

    maaf apabila ada salah^ kata :-)

    • kusnadi
    • January 20th, 2013

    AKU PASTI BISA SEKARANG..

    • Yuga Handika
    • August 2nd, 2013

    Wah pak,cara anda membaca sebuah masalah tekniknya bagus sekali.Makasih ya pak atas Infonya,mudah2an Saya selama di SMK bisa membuat yang terbaik untuk negeri ini.Amin ya rabbal alamin..

  1. No trackbacks yet.

Spam Protection by WP-SpamFree