Bersilaturahmi dengan Pak BJ Habibie di Jerman

1arb peluk habibieBeberapa hari lalu, saya dan beberapa anggota keluarga terbang ke Jerman. Ikut bersama saya Pak Fuad Hasan Masyhur, sahabat saya yang juga Ketua DPP Partai Golkar. Saya tiba di Jerman tanggal 6 Oktober 2012. Tujuan saya adalah ke Kota Kiel, kota di utara Jerman yang jaraknya kurang lebih 90 kilometer dari Hamburg.

Saya ke Jerman untuk menjenguk cucu saya Tadeo, putra anak saya Anindhita dan Taufan, yang tengah dirawat di sana. Menjelang lebaran lalu, saya juga terbang ke sana untuk menjenguk Tadeo. Makanya saat Idul Fitri tahun ini, saya tidak bisa mengadakan open house seperti tahun-tahun sebelumnya.

Rupanya saat saya pergi ke Jerman, beredar isu saya yang dirawat di rumah sakit di sana. Isu ini sudah lama beredar bahkan sejak puasa lalu. Namun isu seperti itu akhirnya mereda dengan sendirinya setelah mengetahui saya ke sana untuk menjenguk cucu saya yang sedang sakit.

Bahkan banyak yang ikut mendoakan kesembuhan cucu saya melalui media sosial saya. Untuk semua yang telah mendoakan kesembuhan Tadeo, saya mengucapkan terima kasih atas doa dan perhatiannya. Salam dari kami sekeluarga.

1arb depan rumah habibie

Selain menjenguk cucu saya, dalam agenda di Jerman ini, saya juga menyempatkan bersilaturahmi dengan tokoh Indonesia yang ada di Jerman yaitu Prof Dr Ing Bachruddin Jusuf Habibie atau biasa saya panggil Pak Habibie. Silaturahmi itu sangat dianjurkan agama, apalagi ke Pak Habibie yang merupakan Presiden ke tiga Republik Indonesia, juga sesepuh Partai Golkar, partai yang kini saya pimpin.

Maka tanggal 8 Oktober 2012, siang hari waktu Jerman saya ditemani besan saya Pak Suwalino Rotorasiko, menantu saya Taufan, dan Lalu Mara pergi ke kediaman Pak Habibie di kawasan Kakerbeck. Kawasan tempat tinggal Pak Habibie ini merupakan kawasan pertanian yang sangat asri. Saat saya datang, sedang musim panen jagung, di kiri dan kanan tampak ladang jagung semua.

Setibanya di kediaman Pak Habibie kami disambut dengan hangat oleh beliau. Lalu kami berbincang singkat di kediamannya. Saya mengenalkan menantu saya Taufan yang juga ketua umum Karang Taruna dan KNPI kepada beliau. Tak lama kemudian Pak Habibie mengajak kami untuk keluar jalan-jalan mencari makan siang.

Lalu kami keluar rumah di mana ada sebuah sedan mercy milik Pak Habibie. Saya sempat kaget saat itu, karena tiba-tiba Pak Habibie menyatakan dia akan menyetir sendiri mobil yang akan kami tumpangi tersebut.

“Saya yang nyetir ya,” kata Pak Habibie sambil tertawa.

1arb habibie nyetirWaduh, kaget juga saya, ternyata Pak Habibie yang akan nyetir. Padahal saya juga tahu jalan, karena saya pernah setahun sekolah dan tinggal di Jerman. Ini pengalaman yang menarik, saya disetiri oleh Presiden ke tiga RI.

Tak lama kemudian mobil yang membawa kami sampai di Gut Deinster Muhle Restaurant. Jaraknya kira-kira tiga kilometer dari kediaman Pak Habibie. Suasana di luar restoran ini cukup asri, suasana di dalamnya pun cukup enak. Tak salah Pak Habibie memilih tempat ini untuk kita.
Banyak yang kita bicarakan di sana. Misalnya mengenai dua negara, Indonesia dan Jerman dan peluang kerjasama dua negara ini. Misalnya saja tentang Indonesia yang ada di ASEAN dan Jerman yang ada di Uni Eropa. Maka perlu dipikirkan, bagaimana menjadikan Indonesia dan Jerman menjadi garda terdepan dalam kerjasama ASEAN dan Uni Eropa.

Selain itu, Pak Habibie juga bercerita mengenai pengalamannya selama menjadi Menristek selama 20 tahun. Juga saat memimpin 10 perusahaan BUMN Industri strategis. Salah satu cerita yang saya baru tahu adalah mengenai pengalaman beliau ketika menjadi orang pertama yang mengusulkan agar pemerintah menempatkan cadangan devisanya dalam bentuk mata uang Euro.

Saat itu, kurs Euro masih 0,8. Sekarang sudah 1,3. Namun pada saat itu tidak ada yang percaya pada beliau. Jangankan Presiden Soeharto yang berkuasa saat itu, menurut Pak Habibie, putranya saja juga tidak percaya.

Nobody believes, termasuk anak saya Ilham,” katanya beliau sambil tertawa, dan kami yang ada di rungan itu pun ikut tertawa semua.

Pak Habibie yang merupakan salah satu putra terbaik Bangsa Indonesia ini, juga banyak bercerita mengenai pengalaman hidupnya. Tokoh kelahiran Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936 ini memang luar biasa. Pada usia yang sangat muda, 29 Tahun, beliau sudah menjadi wakil presiden dan direktur teknologi Messerschmitt Boelkow Blohm (MBB), sebuah perusahaan terkemuka di Jerman.

1arb restoran habibie

Tentu sudah banyak yang tahu bahwa Pak Habibie adalah orang yang sangat jenius. Bayangkan saja beliau mendapatkan gelar Doktor Ingenieur dengan predikat summa cum laude, dengan angka rata-rata 10. Prestasinya selama bekerja di Jerman juga luar biasa, sehingga beliau menjadi orang Asia pertama yang mendapatkan kepercayaan mengetahui rahasia teknologi Jerman. Beliau juga termasuk dalam 21 tokoh paling berpengaruh dalam aerospace versi majalah Aviation Week & Space Technology.

Bahkan pemerintah Jerman memberikan status warga kehormatan bagi Pak Habibie. Beliau bisa keluar masuk dan tinggal di Jerman kapan pun beliau mau. Meski sukses di negeri seberang, Pak Habibie tidak pernah lupa dengan tanah air. Hal ini dibuktikan beliau ketika Presiden Soeharto memanggil beliau pulang. Pak Habibie pulang dan mengabdi di Indonesia menjadi Menristek, sampai kemudian menjadi Wakil Presiden, dan akhirnya menjadi Presiden menggantikan Pak Harto yang mengundurkan diri pada 21 Mei 1998.

Meski menjabat sebagai presiden dengan masa jabatan terpendek, 1 tahun 5 bulan, di tambah dengan keadaan negara yang sedang kacau, Pak Habibie masih bisa mencetak beberapa kemajuan dan prestasi. Misalnya memberikan kebebasan dalam berpolitik, di bidang ekonomi beliau berhasil memotong nilai tukar rupiah terhadap dolar, melahirkan banyak undang-undang, seperti UU HAM, UU Pers, dan banyak lagi UU penting lainnya. Terlepas dari pro dan kontra dan kekurangan beliau selama memimpin, saya menilai banyak hal yang layak diteladani dari kepemimpinan beliau. Terutama bagi saya yang juga maju sebagai calon presiden di 2014 nanti.

1arb selesai makan Habibie

Akhirnya menjelang sore, acara makan dan bincang-bincang saya dan Pak Habibie selesai. Saat selesai makan, beliau juga bercerita mengenai bukunya yang berjudul “Habibie&Ainun”. Ternyata buku tersebut tidak hanya laris atau best seller di Indonesia saja, melainkan juga di Jerman. Bahkan buku ini juga telah diterbitkan dalam Bahasa Arab, Inggris, dan menyusul dalam Bahasa Jepang.

Di tanah air, buku itu juga akan difilmkan dengan judul yang sama. Pak Habibie menyampaikan bahwa beliau juga akan hadir saat film tersebut diputar nanti. Beliau menyampaikan, insyaallah akan datang tanggal 10 Desember ke Tanah Air.

Menyenangkan dan luar biasa sekali pengalaman bersilaturahmi dengan Pak Habibie. Meski singkat, banyak ilmu yang didapat. Pak Habibie memang tokoh yang luar biasa, dan saya berharap nantinya di Indonesia akan muncul banyak orang seperti beliau. Habibie – Habibie baru yang akan memajukan negeri ini.

  1. Luar biasa ! Bapak BJ Habibie dan Bapak Abu Risal Bakri mudah2an bisa menjadi inspiasi bagi anak muda, generasi bangsa Indonesia untuk maju.

    • Benidictus Tambajong
    • October 10th, 2012

    Pak Ical,senang melihat pak Habibie lama merindu,beliau sangat bersahaja.Cerita tentang pertemuan 2 negarawan,saling berkunjung dan menyapa,senyum dan berbagi cerita.Semoga kelak pak Ical dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia,banyak harapan harapan yang tertunda.Doeloe saya berharap kelak PT DI dapat menjadi kebanggaan anak anak negri ini,namun perkembangan selanjutnya harus terima kenyataan seperti saat ini.Semoga apa yang dicita-citakan pak Habibie kelak dapat diwujudkan.Tentu PT DI dibangun sejak awal dengan harapan,dan semangat Nasionalisme.Saat ini Nasionalisme kita seakan perlu dan butuh dibangunkan.Terima kasih salam dari orang kampung di sudut Balikpapan-Kaltim

  2. @Benidictus Tambajong.. terima kasih.. soal PT DI banyak eks karyawannya yang terpaksa hijrah ke perusahaan luar negeri dan sukses di sana..misalnya di Brazil..sayang sekali memang.

  3. terima kasih Andi

  4. Suka sharing ini!!!

    Saya fans berat beliau, Pak. Beliau sangat menginspirasi. Buku beliau, biografi yg judulnya True Life of Habibie: Cerita di Balik Kesuksesan menemani tanpa protes di kosan. Antidot paling mujarab u/nyerap semangat beliau kala masuk masa2 jenuh kuliah di Bogor. :D

    Sayangnya masih blm punya buku bestseller beliau yg Habibie-Ainun.

    Salam buat beliau, Pak.

    • sheila mudita
    • October 12th, 2012

    Anda adalah salah seorang yang saya kagumi. saya sebagai warga Lampung, merasa bangga memiliki putra daerah seperti Anda…

  5. Bapak Ical, sampaikan salam buat pak habibie, waktu masih beliau di jl.patrakuningan xiii saya kebetulan tetangga di no.xv sering jumatan bareng di kala di masjid yasda patrakuningan. Rindu kapan pak rudi pulang ke tanah air. Waktu sy mahsiswa 1999 sy jadi juara lomba inovasi teknologi Technogerma yang merupakan pameran terbesar abad 20 dimana saya sbg wakil mahasiswa Indonesia presentasi didepan prinsipal merk elit jerman spt: siemen, MAN,BMW dan Mercedez Benz dll.
    Sekarang ini saya bersahabat dengan Mas Taufan, menjelang rencana kenaikan harga BBM sy diminta Menpora Andi Malarangeng memaparkan alat temuan saya tantang penghematan BBM http://www.penghematbbmterbaru.com juga turut diundang mas Taufan sbg ketua KNPI. Kami sudah lama kenal di Karang taruna Jateng mas taufan juga sering ketemu saya di jogja. Kebetulan Bapak Rotorasiko tugas di Jogja dan lahir di Klaten. Sy skrg jadi peneliti dan dosen di Politeknik Manufaktur Ceper Klaten di sentra pengecoran logam yg jadi sentra unggulan sejak jaman presiden soeharto. Sekarang masih hidup tapi kurang maju..sedih pak ical kami rindu pemimpin yg peduli MANufaktur.
    Mas taufan saudaranya ada dari Klaten saya rumahnya cukup dekat dan kalo ke Klaten jangan lupa mampir ke rumah saya pak..saya ingin menyampaikan gagasan saya untuk indonesia karena sebagai pemuda pelopor nasional saya terpanggil membangun rakyat.
    Kalo berkenan mohon bapak bisa menulis email ke joko@femax.biz
    Semoga adik Deo cucu tercinta segera sembuh..
    Bapak sukses sesuai yang dicitakan, salam buat mas taufan..
    Best Regard,
    Joko “femax”istiyanto

    • Muhammad Lutfi Darlan
    • October 13th, 2012

    Aku tdk kenal dengan Aburizal Bakrie, aku juga bukan kader Partai Golkar, namun aku sdh putuskan berjuang untuk Aburizal Bakrie for Presiden RI, Masalah buat loe? hehe

    • Muhammad Lutfi Darlan
    • October 13th, 2012

    Aku belum lahir Ketika soekarno jadi Presiden.
    Aku belum dewasa ketika Soeharto yang kemudian jadi Presiden.
    Aku tidak mengerti ketika bertrut turut Habibi, Gusdur dan megawati jadi Presiden.
    Aku Golput ketika SBY yang terpilih jadi Presiden.
    Kini aku benar benar ingin punya Presiden pilihan sendiri, bersama Aburizal Bakrie untuk Indonesia yang lebih baik..

  6. Wali Kelas SD saya saat kelas 6, cuman punya 1 cerita, BJ Habibie.

    Demikian, kakak-kakak saya begitu lekat dengan nama Habibie. Beliau dulu besar, terlalu besar

    Itu masih menguasai otak saya hingga 15 tahun kemudian

  7. Asslm. Pak Habibie memang orang yang luarbiasa baik dari kemampuan beliau dibidang penerbangan dan pemerinatahan sebagai Menristek. Banyak hasil karya beliau diantaranya terbentuknya BPIS, dlll.

    Sebagai warga negara yang perna membaca salah satu buku beliau yang berisi mengenai biografi beliau, sy jadi terinspirasi untuk memulai berkiprah dengan mengemukan IDE berupa:

    Pengembangan IDE:
    Ide Peningkatan APBD/APBN melalui kerjasama Pemerintah (Daerah/Pusat) dengan memebentuk BUMN/BUMD yang bergerak di bidang Penangkapan Ikan (Fishery).

    VISI INDONESIA MANDIRI (Lubuklinggau, 14 Oktober 2012)
    MADANI/AMAN/TAMAN_DISIPLIN/BERDIKARI_RAPI.

    Ide ini muncul selama sy berada di kota kelahiran Lubuklinggau. Hinga akhirnya melakukan perjalanan ke PAlembang dan ke Jakarta.

    Wasslm.

    • Benidictus Tambajong
    • October 14th, 2012

    CINTA Sejati dari 2 anak manusia itulah Habibie-Ainun,dan CINTA pada KEMANDIRIAN NEGERI ini itulah Aburizal Bakrie.Indonesia masih memiliki tokoh tokoh yang penuh dengan CINTA

    • radji
    • October 15th, 2012

    Nama bakrie udah dikenal di sumbagsel sejak 1960an. Tak heran bila kami melihat ARH capres yang kaya mulia yang kita pilih. Saya hakul yakin, harta bukan yang dia cari tapi hanya pengabdian diri untuk menyejahterakan rakyat Indonesia. Mudah2an ARH akan menjadi pilihan rakyat Indonesia pada`pilpres RI 2014. Bravo kiyai…

    • Voadhe Dendi
    • October 26th, 2012

    Salam Pak Habibie.
    Terima kasih atas perjuangan anda terhadap Bangsa Indonesia tercinta ini.
    Mudah-mudahan apa yang anda cita-cita kan dapat dilanjutkan oleh generasi Penerus Bangsa berikutnya.

    InsyaAllah,
    Suatu saat nanti saya akan Mengangkat Harkat Martabat Bangsa Indonesia ini diMata Dunia Internasional.

    • anne
    • December 1st, 2012

    saya malah berharap pak habibie mencalon capres 2014..hehe

    • putu agus haryantho, S.Kom
    • December 13th, 2012

    Pak Ical Mari berkunjung ke Sekotong Lombok Barat NTB, kami punya tanah dijual seluas 24 hektar pinggir pantai harga Rp 30.000.000/are (murah karena borong, harga pasaran Rp 80.000.000/are) bagus sekali untuk rekreasi dan pantainya sangat indah pasir putih. Dimana lombok sudah ada bandara internasional dan pelabuhan kapal pesiar sehingga sudah banyak wisatawan datang ke sekotong dan hotel-hotel mulai bertumbuhan. ayo Pak Ical Beli tanah Kami!!! HP 08175727583

  8. Pak Habiebie memang pemikir yang cerdas. Tetapi rakyat Indonesia kurang berterima atas jabatannya sebagai presiden. sehingga pemikirannya tidak dapat berjalan dengan baik, malah sebaliknya negara lain seperti China, Brazil yang menikmatinya. Kita beli pesawat dari China dan Brazil. Bagaimana tanggaban ARB tentang itu semua?

    • Meka
    • February 14th, 2013

    wah cerita yang sangat menarik…..pak ical saya sering ke rumah pak ical tapi sayang cuman ngelewatin doang…..hehehe

    • Fitra Akbar
    • February 19th, 2013

    sangat menarik dan luar biasa pak habibie,
    amin semoga saja akan terlahir habibie-habibie di indonesia sekarang, dan semoga saja anak-anak jenius yang akan memajukan bangsa tidak diusir dari negeri sendiri.

  9. Pak Habibie sangat luar biasa. Saya membaca buku Habibie & Ainun sampai selesai, kemudian diulang lagi. Sangat inspiratif. Beliau adalah salah satu Menteri paling favorite di mata pelajar (waktu saya kecil ya :-) Ingin juga menyumbangkan sesuatu yang positif kepada negeri ini, selain patuh bayar pajak (hehehe…)

    • joe
    • December 20th, 2013

    saya sangat mengidolakan pak Habibie..semoga ada penerusnya ya…pak Ical juga idola saya…soalnya salah satu pegusaha sukses asli indonesia yang namanya ckp disegani…ehehe..

  1. No trackbacks yet.

Spam Protection by WP-SpamFree