Pidato Pengarahan Rapimnas IV

Dibacakan saat Pembukaan Rapimnas IV Partai Golkar 2012. Hotel Borobudur, Jakarta, 29 Oktoberh 2012.

PENUTUPAN RAPIMNAS GOLKAR IVYang saya hormati:

Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai GOLKAR, Sdr. Akbar Tanjung dan seluruh jajaran anggota Wantim DPP Partai GOLKAR

Para Sesepuh dan pinisepuh Partai GOLKAR

Para Wakil Ketua Umum, Sekjen, Bendahara, dan seluruh jajaran DPP Partai GOLKAR

Ketua Umum  Ormas Pendiri (Kosgoro 57, SOKSI dan MKGR), Ketua Umum Ormas yang Didirikan (AMPI, SATKAR ULAMA, MDI, ALHIDAYAH, dan HWK), dan Organisasi Sayap DPP Partai GOLKAR (AMPG dan KPPG).

Ketua dan pengurus DPD Partai GOLKAR Tingkat Provinsi se-Indonesia,

Saudara-saudara peserta dan Peninjau Rapimnas IV Partai GOLKAR Tahun 2012 yang saya banggakan,

Insan pers dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas taufiq dan hidayah-Nya, kita semua dapat menghadiri Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional  IV Partai GOLKAR Tahun 2012 dalam keadaan sehat wal afiat.

Selanjutnya, pada kesempatan  ini, saya ingin memberikan apresiasi kepada  Ketua Panitia Penyelenggara Sdr. Mahyudin, Ketua Panitia Pengarah Sdr. Ahmadi Noor Supit, dan Ketua Panitia Pelaksana Sdr. Erwin Aksa beserta seluruh jajarannya yang telah mempersiapkan kegiatan Rapimnas ini secara sistematis dan sangat baik.

Untuk menghangatkan suasana pembukaan Rapimnas ini, saya ingin memulai dengan yel-yel untuk membangkitkan semangat kita semua. Apabila saya bertanya “Apa kabar Partai GOLKAR”, hendaknya Saudara-saudara menjawab “Dahsyat luar biasa!”. Apabila saya menyebut “Suara GOLKAR”, maka Saudara-saudara menjawab “Suara Rakyat”.

APA KABAR PARTAI GOLKAR?

SUARA GOLKAR ! (TERIMA KASIH).

Saya ulangi supaya suasana makin hangat dan dinamis:

APA KABAR PARTAI GOLKAR?

SUARA GOLKAR! (TERIMA KASIH).

Komentar saya hanya satu kata : MANTAP!

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Rapimnas IV Partai GOLKAR ini memiliki arti penting dan strategis, serta memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan tiga Rapimnas sebelumnya. Dari laporan yang telah disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara tadi, jelaslah bahwa Rapimnas sekarang ini difokuskan pada peningkatan kesiapan Partai GOLKAR menyongsong dan memenangkan Pemilu 2014.

Rapimnas IV ini menjadi momentum emas bagi Partai GOLKAR untuk memperkuat tekad dan cita-cita kita semua untuk memenangkan Pemilu 2014. Oleh karena itu, saya mengharapkan saudara-saudara peserta Rapimnas dapat mencurahkan seluruh pikiran, memfokuskan seluruh perhatian, menyediakan waktu secara optimal, untuk membahas seluruh materi dan selanjutnya memutuskan yang terbaik untuk kebesaran Partai bagi kemajuan bangsa. Saya yakin saudara-saudara bisa dan siap.

APAKAH SAUDARA-SAUDARA SIAP? (TERIMA KASIH).

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Menghadapi Pemilu 2014 mendatang, kita semua, kader Partai di manapun berada, hendaknya bersyukur dan menyambutnya dengan penuh semangat dan optimisme. Segala ikhtiar dan perjuangan, semua program kerja yang telah dijalankan oleh seluruh jajaran Partai, mulai tingkat paling bawah hingga tingkat pusat, sejak Munas VIII di Pekanbaru  2009 lalu, sampai hari ini telah membuahkan hasil yang membanggakan.

Dari berbagai hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Independen, selalu menempatkan Partai GOLKAR di peringkat pertama pilihan rakyat. Survei terakhir yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI)  yang diumumkan 14 Oktober 2012 lalu, menunjukkan bahwa elektabilitas Partai GOLKAR berada di peringkat teratas dengan raihan 21 persen, disusul PDIP dengan 17,2 persen, dan Demokrat dengan angka 14 persen. Tingkat elektabilitas Partai GOLKAR ini meningkat jika dibandingkan dengan hasil survei-survei  sebelumnya, dan telah melampaui 7 % di atas angka perolehan suara Partai GOLKAR pada Pemilu 2009 lalu yang hanya mencapai 14 persen.

Seiring dengan itu, berbagai hasil survei tentang calon presiden pilihan rakyat juga telah menempatkan Ketua Umum Partai GOLKAR sebagai tiga besar, bersaing ketat dengan  Megawati Soekarnoputri dan  Prabowo Subianto. Sebuah survei terakhir, menyebutkan elektabilitas  Megawati Soekarnoputri 20 persen, Prabowo Subianto 19 persen, dan Ketua Umum Partai Golkar 18 persen. Secara konsisten, tingkat elektabilitas capres dari Partai GOLKAR ini mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Demikian pula halnya, kemenangan Pilkada yang dicapai oleh Partai GOLKAR secara nasional sebesar 59 %, sebuah capaian yang telah melampaui target Rapimnas sebesar 50 %. Terkait dengan kemenangan dalam Pilkada tersebut, secara khusus saya ingin memberikan penghargaan kepada Ketua DPD Partai GOLKAR se Indonesia. Tanpa kerja saudara-saudara semua, tidak mungkin prestasi itu bisa tercapai. Saya bangga memiliki “panglima-panglima” daerah yang handal dan dapat diandalkan ! (kita beri aplaus atas kemenangan DPD Partai GOLKAR se Indonesia. Terima kasih)

Namun, suatu hal yang harus disadari, bahwa kenaikan tingkat elektabilitas Partai GOLKAR dan Capres dari Partai GOLKAR tersebut tidak boleh membuat kita merasa puas, apalagi menjadi sombong, tetapi harus semakin menguatkan motivasi kita, agar bekerja lebih keras lagi, guna mempertahankan dan bahkan meningkatkan capaian yang lebih baik di masa yang akan datang. Kenapa ? Karena kita tidak ingin hanya menang dalam survei, kemenangan hakiki yang kita inginkan dan  perjuangkan adalah kemenangan pada pemilu 2014 secara riil dan faktual.

APAKAH SAUDARA-SAUDARA YAKIN ? TERIMA KASIH

Berbagai cara yang telah kita tetapkan dan terus kita laksanakan untuk mempertahankan dan meningkatkan elektabilitas Partai dan Capres Partai GOLKAR, antara lain :

Gerakan Karya Kekaryaan yang telah saya canangkan pada Rapimnas II Partai GOLKAR tahun 2011 dan telah berjalan sepanjang tahun 2012 ini. Melalui Gerakan Karya Kekaryaan, seluruh keluarga besar partai GOLKAR bergerak, berkarya, dan menghasilkan sesuatu yang nyata dan bermanfaat bagi rakyat. Hakikat kebesaran Partai GOLKAR adalah tercermin pada karya-karyanya dan bermanfaat bagi rakyat untuk kemajuan bangsa. Rakyat Maju-Bangsa Maju.

Road show saya sebagai Ketua Umum DPP Partai GOLKAR dari desa ke desa, keluar masuk di antara jalan dan gang untuk menemui dan mengetahui kondisi riil masyarakat serta mendengarkan aspirasi mereka.

Penugasan fungsionaris pusat, yang saya telah canangkan penugasannya pada tanggal 31 Maret 2012 lalu. Para fungsionaris pusat tersebut ditugaskan Partai untuk terjun ke tengah-tengah rakyat di daerah tugasnya masing-masing dan bekerja untuk ikut membantu mengatasi masalah rakyat dan sekaligus mendinamisir Partai di daerah.

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Saya perlu menekankan kembali kepada kita semua, kepada seluruh kader di-manapun berada bahwa Pemilu 2014 merupakan momentum emas bagi Partai kita untuk meraih kemenangan. Berbagai kondisi internal dan eksternal Partai, baik saat ini maupun perkiraan sampai dengan 2014 mendatang, menjadikan Pemilu 2014 sebagai kesempatan terbaik bagi Partai GOLKAR.

Untuk itulah, semua modal politik yang telah kita capai selama ini, marilah kita rawat bersama, agar tetap terjaga, bahkan terus meningkat nilainya, meningkat bobotnya, dan meningkat pula kuantitasnya. Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada semua kader Partai GOLKAR, untuk meningkatkan terus karya dan pengabdiannya. Saya juga mengingatkan agar semua kader, termasuk mereka yang berada di lembaga legislatif dan lembaga eksekutif menghindarkan diri dari sikap dan perilaku kurang pantas, tercela, atau melanggar hukum. Walaupun hal negatif tersebut bersifat perseorangan dan tidak melibatkan kelembagaan Partai, namun dampaknya akan pasti berimbas ke citra Partai juga.

Perlu juga saya tekankan, bahwa tekad kita bersama memenangkan Pemilu 2014  didasari oleh pengalaman Partai kita mengikuti tiga kali pemilu pada era Reformasi. Dalam tiga kali pemilu legislatif, kita hanya satu kali memenangkannya, yakni pada Pemilu Legislatif 2004 pada saat Partai GOLKAR di bawah kepemimpinan  Sdr. Akbar Tandjung (aplaus untuk Pak Akbar). Pada dua pemilu legislatif lainnya, kita tidak mampu meraih kemenangan. Sedangkan dalam tiga kali Pilpres, tidak satu kalipun calon yang diusung Partai GOLKAR memenangkan Pilpres.

Semua itu perlu saya ungkapkan kembali, untuk menambah motivasi dan tekad kita semua, berjuang untuk membuat sejarah baru di era reformasi ini, yakni memenangkan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014 sekaligus.

APAKAH SAUDARA-SAUDARA SIAP?

SAYA ULANGI LAGI, APAKAH SAUDARA-SAUDARA SIAP?

Komentar saya cuma satu kata: LUAR  BIASA.

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya banggakan.

Terkait dengan perjuangan memenangkan Pemilu 2014 mendatang, saya ingin kembali mengingatkan tentang kunci kemenangan sebuah partai politik, sebagaimana yang dikemukakan oleh Ilmuwan Politik, Frank J. Sorouf.

Kunci Pertama, tampilan partai di ranah publik, termasuk di dalamnya bagaimana kiprah kader-kader partai Golkar  di legislatif dan di pemerintahan. Saya sungguh bersyukur, secara umum tampilan kader-kader Partai Golkar di eksekutif dan legislatif, di pusat dan daerah, rata-rata cukup baik. Dalam konteks ini, saya perlu menyampaikan, bahwa persepsi rakyat terhadap partai Golkar yang positif, bukan hasil dari pencitraan sesaat, bukan hasil kerja hari ini saja, tetapi hasil kerja keras kita bersama yang terus menerus dari waktu ke waktu, tanpa mengenal lelah. Partai Golkar bukan hanya  memiliki citra yang baik, tetapi yang paling penting memiliki reputasi politik yang baik. Reputasi politik yang didasarkan pada karya nyata itulah yang lebih permanen. Itulah hakikat Partai GOLKAR, berkarya untuk bangsa.

Perlu saya ingatkan, bahwa Partai Golkar hadir bukan hanya untuk kepentingan jangka pendek merebut kekuasaan, tetapi untuk tujuan jangka panjang membangun untuk kemajuan Indonesia. Kekuasaan bagi kita hanyalah alat untuk memastikan kesinambungan pembangunan untuk rakyat bagi kemajuan bangsa. Dalam persepsi rakyat, Golkar punya sejarah, pernah memberikan satu model pembangunan yang baik, yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sekarang, di tengah berbagai dinamika politik, rakyat kembali merindukan tampilnya Partai Golkar untuk memimpin kembali Indonesia. Sekali lagi, rakyat merindukan tampilnya Partai GOLKAR untuk memimpin kembali Indonesia !.Kita harus yakini itu saudara-saudara sekalian.

Sebagai rasa syukur kepada Allah SWT perlu diungkapkan, bahwa : Saya bahkan sering mendengar dari desa-desa  (khususnya desa-desa di Jawa) yang saya kunjungi, adanya ungkapan rakyat kecil, rakyat desa yang polos mengatakan : “Enak melu Golkar”  (Enak Ikut Golkar), “melu GOLKAR soyo makmur” (ikut GOLKAR makin makmur). Terkait dengan itu semua, Saya ingin menegaskan kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwa dengan senantiasa mengharap ridho Allah SWT, Partai Golkar siap menjawab harapan  rakyat tersebut untuk memimpin kembali Indonesia menuju  kejayaan !

Kunci sukses yang kedua, agar Partai Politik memperoleh kemenangan adalah pengelolaan organisasi partai termasuk didalamnya tata kelembagaan, norma dan aturan-aturan. Dalam hal ini, saya memastikan secara umum sistem kelembagaan partai berjalan dengan baik, telah on the right track, sudah pada jalan yang benar. Segala persoalan, dinamika internal mampu diselesaikan dalam sebuah sistem keorganisasian. Semua orang tanpa kecuali bersandar pada aturan-aturan organisasi yang sudah menjadi ketetapan partai. Ide dan gagasan tidak dihambat, bahkan diberi ruang untuk tumbuh berkembang, konsisten pada prinsip ide dan gagasan sebagai instrumen politik, yang mencerminkan prinsip the party of ideas. Prinsip itulah yang menjadi basis lahirnya karya kekaryaan. Bahkan dalam perspektif filosofi kepemimpinan, doktrin karya kekaryaan memberi arahan kepada kita semua, bahwa yang berhak tampil memimpin adalah kader-kader militan yang berprestasi dan berkarya nyata. Hal ini, penting saya tegaskan, karena kita yakin betul bahwa kebesaran partai GOLKAR karena adanya sistem yang efektif dengan didukung oleh kepemimpinan yang kuat, solid dan tegas.

Kunci yang ketiga, adalah tampilan Partai Golkar di akar rumput. Kunci ketiga ini sangat tergantung pada kehadiran seluruh pengurus, kader dan fungsionaris di tengah-tengah masyarakat. Semakin rajin para fungsionaris terjun ke tengah-tengah masyarakat, semakin kuat Partai Golkar di akar rumput. Oleh karena itu, saya berharap kesediaan seluruh kader Partai Golkar untuk merasakan denyut nadi kehidupan rakyat sampai di pelosok-pelosok desa, seperti halnya yang saya lakukan melalui road show selama ini.

Atas dasar itu semua, menjadi tugas semua kader Partai GOLKAR sekarang dan ke depan, berjuang lebih keras untuk mencetak sejarah baru dengan meraih suara sebesar 35% pada Pemilu Legislatif dan memenangkan Pemilu Presiden 2014.

APAKAH SAUDARA-SAUDARA SIAP ?  TERIMA KASIH.

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Menjelang tahun 2013, dinamika politik nasional kemungkinan akan makin eskalatif. Kompetisi politik akan berlangsung makin ketat, karena semua partai akan bersaing merebut hati rakyat. Persaingan adalah keniscayaan dalam kehidupan. Yang penting semua harus menyadari bahwa persaingan sejatinya adalah usaha untuk menyajikan apa yang terbaik, bukan usaha untuk saling menjatuhkan dengan cara-cara yang penuh dengan intrik-intrik dan bahkan fitnah-fitnah politik. Saya ingin mengajak kepada semua kekuatan politik yang akan berkompetisi untuk bersama-sama membangun suasana politik yang baik, harmonis, hangat dan bersahabat.

Kepada sahabat-sahabat sesama Partai, kita menghadapi satu kenyataan yang sama, yaitu munculnya gejala ketidakpedulian bahkan ada kelompok tertentu, meskipun jumlahnya kecil dalam masyarakat yang anti-partai politik. Dalam pada itu, Rakyat   sangat kritis  melihat kenyataan kinerja partai politik dan  mempertanyakan antara fakta dan janji Partai Politik, antara platform dan tindakan, terutama dalam usaha peningkatan kesejahteraan rakyat. Bahkan ada yang lebih tajam lagi,  menganggap elite-elite politik lebih sibuk dengan  urusannya sendiri, bukan menjalankan fungsi partai politik yang benar, yaitu mengartikulasikan aspirasi rakyat ke dalam kebijakan publik.

Terhadap itu semua, kita perlu meresponsnya secara proporsional dan “positive thinking” atau husnudzon, bukan negative thinking atau syu’udzon.  Karena, barangkali persepsi dan penilaian mereka tersebut memang ditujukan kepada kita. Oleh karenanya, kita harus selalu instrospeksi dan mawas diri, agar kita mampu menyuguhkan apa yang terbaik bagi rakyat. Partai GOLKAR akan terus melakukan refleksi dan mengevaluasi diri, agar tetap mampu menjalankan fungsi-fungsi partai politik secara benar, agar tetap relevan dengan kebutuhan rakyat. Partai GOLKAR akan terus bekerja bahu membahu memperjuangkan kehendak dan aspirasi rakyat. “Suara GOLKAR, Suara Rakyat”.

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya hormati

Dalam usaha meningkatkan apa yang terbaik untuk rakyat, Partai GOLKAR bukan saja berpikir untuk jangka lima tahun, tetapi juga berpikir jangka menengah dan bahkan jangka panjang. Partai GOLKAR tidak hanya berpikir sektoral, tetapi lebih mendasar lagi, berpikir sistematis dan komprehensif, yang memandang masing-masing sektor saling terkait.  Partai GOLKAR menyadari sepenuhnya, bahwa salah satu problem terbesar model pembangunan sekarang ini adalah, tidak adanya satu panduan yang berdimensi jangka panjang dan antar-sektor seperti yang dulu pernah ada dalam wujud Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Tidak adanya panduan ini menyebabkan tumpang tindih antar-sektor dan ketidakjelasan target-target pembangunan berdasarkan jangka waktu tertentu. Seharusnya, semua sektor menuju ke arah yang sama dengan target-target yang terukur. Oleh karena itulah, Partai GOLKAR telah menyiapkan blue print pembangunan nasional 100 tahun Indonesia merdeka atau Visi Indonesia 2045.

Dalam kerangka berpikir sistematis dan komprehensif tersebut, Partai GOLKAR terus memperjuangkan dilakukannya penataan sistem kehidupan kebangsaan yang ideal. Kita harus segera mengakhiri transisi politik untuk memperkuat konsolidasi demokrasi. Kita harus konsisten pada konstitusi kita yang menentukan sistim pemerintahan presidensial, dengan konsekuensi adanya penyederhanaan sistim kepartaian. Dalam kerangka itulah, maka  Partai GOLKAR secara konsisten memperjuangkan angka ambang batas presidensial sebesar 20 persen kursi parlemen atau 25 persen perolehan suara pemilu legisltif. Angka tersebut cukup ideal untuk mewujudkan sistem presidensial yang efektif dan lebih menjamin stabilitas pemerintahan.

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya hormati

Dalam rangka menyongsong Pemilu 2014 mendatang, Partai GOLKAR terus melakukan persiapan-persiapan serius dan sistematis serta terencana. Pertama, Partai Golkar menerapkan sistem rekrutmen calon anggota legislatif (caleg) secara demokratis. Caleg Partai Golkar ditetapkan berdasarkan pertimbangan yang matang dengan memperhatikan kompetensi, rekam jejak, prestasi, dedikasi, disiplin dan tidak tercela (PDLT), juga didasarkan pada keinginan rakyat yang dipotret melalui survey. Hal tersebut kita lakukan berdasarkan suatu kesadaran, bahwa baik buruknya kinerja dan citra lembaga legislatif sangat tergantung pada sistem rekrutmen calon anggota legislatif. Oleh karena itu, Partai Golkar merasa perlu mengajukan kader-kader terbaiknya untuk dicalonkan sebagai anggota legislatif agar mampu memberi kontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kedua, sebagaimana yang saya singgung di depan, Partai GOLKAR telah menyiapkan konsep blue print pembangunan nasional yang diberi nama Visi Pembangunan Indonesia 2045, yang akan dibahas secara mendalam dalam Rapimnas ini. Konsep blue print ini belum final, karena akan terus diuji sahihkan dengan melibatkan ahli, intelektual dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dengan adanya konsep blue print ini, maka semakin meneguhkan Partai GOLKAR sebagai partai yang mengedepankan tradisi politik, di mana ide dan gagasan sebagai instrumen politik. Selain itu, juga menegaskan bahwa Partai GOLKAR ingin memenagkan pemilu secara bermartabat dan berkualitas, bukan dengan cara-cara Machiavellistik yang menghalalkan segala cara.

Dalam Visi Pembangunan Indonesia 2045 ini dikemukakan bahwa kebijakan pembangunan kita ke depan harus mengacu kepada Catur Sukses Pembangunan Nasional, yang terdiri dari : (1) Pertumbuhan Ekonomi, (2) Pemerataan Pembangunan, (3) Stabilitas Sosial-politik dan Keamanan, dan (4) Nasionalisme Baru.

Dalam konteks itu, Partai GOLKAR mengedepankan kebijakan pembangunan nasional yang berbasis pedesaan melalui pelaksanaan paradigma “Membangun Indonesia dari Desa”. Strategi pembangunan melalui pedesaan merupakan kunci percepatan pembangunan Indonesia, agar segera terwujud kesejahteraan yang merata di seluruh pelosok Nusantara.

Dalam hal ini Partai GOLKAR senantiasa memperjuangkan peningkaatan alokasi anggaran, baik APBN maupun APBD yang lebih proporsional bagi pembangunan pedesaan, petani, nelayan, dan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), dan koperasi. Seiring dengan itu, Partai GOLKAR terus meningkatkan “Program Ayo Bangkit” yang menjadi salah satu bukti keberpihakan Partai GOLKAR kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah serta koperasi, serta sebagai aktualisasi ekonomi kerakyatan sebagaimana diamanatkan UUD 1945.

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Terkait dengan agenda Rapimnas IV Partai GOLKAR yang akan membahas taktis strategis pemenangan pemilu, perlu saya ingatkan agar dapat merumuskan langkah-langkah operasional yang lebih aplikatif, realistik, dan terukur. Hal ini penting saya tekankan, karena sebenarnya hakikat kampanye yang dilakukan oleh Partai GOLKAR adalah melalui karya kekaryaan yang melahirkan reputasi politik, dan itu kita lakukan sepanjang hari. Tiada Hari tanpa Karya. Itulah hakikat permanent campaign atau kampanye secara permanen yang dilakukan Partai GOLKAR. Demikian juga halnya agenda pembahasan Pernyataan Politik, saya mengharapkan agar memuat hal-hal yang mendasar dan bersifat komprehensif, di samping sebagai perwujudan cita-cita Partai GOLKAR, juga sebagai respons terhadap dinamika kehidupan kebangsaan. Pernyataan Politik pada hakikatnya merupakan bagian dari sikap dasar Partai GOLKAR yang harus menjadi pijakan dan orientasi perjuangan Partai GOLKAR untuk dapat diwujudkan bagi kepentingan rakyat.

Selanjutnya, dalam momentum Rapimnas dan Peringatan HUT Partai GOLKAR ke-48, kita juga akan me-launching penerbitan buku Sejarah Partai GOLKAR, dengan judul : BERINGIN MEMBANGUN (Sejarah Perjuangan Politik  Partai Golkar). Buku ini sangat penting sebagai referensi untuk kita semua, dalam rangka menyegarkan kembali ingatan kita tentang hakikat kelahiran dan perjuangan Partai GOLKAR dalam dinamika kehidupan kebangsaan.

Peserta Rapimnas dan hadirin sekalian yang saya hormati.

Sebagai bagian akhir dari pidato pengarahan ini, saya perlu mengingatkan kembali bahwa beberapa hari yang lalu, pada HUT ke-48 Partai GOLKAR, saya telah mencanangkan program BERKARYA UNTUK BANGSA, yang ditandai dengan telekonfrensi dengan para kader Partai GOLKAR di enam wilayah Indonesia dengan spesifikasi masing-masing, yaitu : Sulawesi Selatan (nelayan, rumput laut), NTT (peternakan), Bali (pertanian), Kalimantan Selatan (UKM, tambang), Lampung (perkebunan) dan Marunda, Jakarta (buruh dan pekerja). Pada momentum yang lain, kita akan melakukan telekonfrensi yang sama dengan wilayah-wilayah lainnya.

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya ingin menghangatkan kembali suasana Rapimnas ini, sambil melakukan konfirmasi tentang kesiapan dan semangat juang kita.

APAKABAR PARTAI GOLKAR ?

APAKAH SAUDARA-SAUDARA SIAP MEMENANGKAN PEMILU ?

LUAR BIASA, TERIMAKASIH.

Demikian pengarahan yang dapat saya sampaikan. Saya mengucapkan selamat mengikuti Rapimnas kepada seluruh peserta. Sebagai hadiah untuk Saudara-saudara peserta Rapimnas, saya persembahkan tiga buah pantun:

PADI DI SAWAH SUDAH MENGUNING

KITA PANEN UNTUK RAKYAT SEKELILING

MENJELANG PEMILU PERSAINGAN MERUNCING

KADER GOLKAR JANGANLAH TERPACING

POHON BERINGIN DAUNNYA RINDANG

TEMPAT BERTEDUH DARI PANAS DAN HUJAN

CAPRES GOLKAR SUDAH DITETAPKAN

MARILAH TERUS KITA SOSIALISASIKAN

PESERTA RAPIMNAS  DI HOTEL BOROBUDUR

SIANG MALAM  BERDISKUSI SELALU

SEMANGAT KADER  TIDAK PERNAH KENDUR

TERUS BERJUANG   MENANGKAN PEMILU

Memenuhi permintaan panitia, seraya mohon perlindungan kepada Allah SWT,  dengan mengucap: BISMILLAHIRROHMAANIRROHIM, Rapat Pimpinan Nasional IV Partai GOLKAR Tahun 2012, saya nyatakan dibuka.

Sekian, terima kasih atas perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

    • Agoes S
    • October 30th, 2012

    Semoga Bapak ARB terpilih dalam pemilu Presiden tahun 2014 yang akan datang dan kami berharap nantinya dapat membantu meningkatkan taraf hidup kami sekeluarga beserta rekan rekan kami petani tebu dan pengrajin gula merah tebu di daerah kami

  1. Salam PERUBAHAN! Pak Ical Untuk Indonesia, Pak Riswan Tony Untuk Lampung. Suara GOLKAR, Suara RAKYAT. Hidup GOLKAR

    • Cholil
    • November 8th, 2012

    Bapak ARB, saya percaya tahun 2014 Allah SWT akan turunkan Putra terbaik dan amanah bagi bangsa ini untuk mensejahterahkan rakyatnya DUNIA dan AKHERAT, INSYAH ALLAH BAPAK PILIHANNYA (cholil Palembang)

    • johnny palembang
    • February 8th, 2013

    Asww. Apakabar Pak Ical.Smoga sehat walfiat adanya,sekeluarga.APAPUN HALANGANNNYA, BAPAK HARUS TETAP SEMANGAT DG ARB,CAPRES 2014.Saya sudah dirikan ORMAS GOLKAR,KHUSUS UNTUK DUKUNG ARB.Tapi,krn saya masih ada kesulitan2 di Palembang, maka insya Allah bulan2 depan,sy sudah aktif di Jakarta.Beberapa bulan lalu,sy ada ikut KONFERENSI REFORMASI BIROKRASI di Hotel Bidakara,Jakarta.Dan sy ada mampir ke tempat IBu Bapak yg dikemang,tapi tdk ketemu.Okey,tks,salam untuk semua.dari JOHNNY PALEMBANG,HP. 0823 7866 8779 (sms).

  1. No trackbacks yet.

Spam Protection by WP-SpamFree