Siapa Bilang Tak Bisa Bisnis dengan Modal Nol?

ABURIZAL BAKRIE BERIKAN CERAMAH MOTIVASI DI IPB DARMAGA BOGOR PABiasanya kalau orang disarankan untuk berwirausaha dia selalu bilang: “Gimana mau buka usaha Pak? Modal dari mana? Saya tidak punya uang.” Padahal itu tidak benar. Membangun usaha itu bisa dilakukan tanpa modal atau dengan modal nol. Saya sudah berkali-kali membuktikannya.

Saat memberikan kuliah umum kewirausahaan di Institut Pertanian Bogor (IPB), saya menceritakan hal itu. Kepada anak-anak muda ini saya katakan bahwa bisnis itu modalnya bukan uang di kantong, tetapi ide. Ide bisnis yang cermerlang dan menarik lah yang menjadi modal utama.

Lalu saya mulai bercerita tentang bagaimana saya bisa membeli perusahaan untuk memulai usaha dengan uang nol rupiah di kantong. Karena audiensnya mahasiswa pertanian, maka saya memberi contoh bagaimana saya memulai usaha perkebunan dengan membeli perusahaan perkebunan.

ABURIZAL BAKRIE TERIMA CINDERAMATA DI IPB DARMAGA BOGOR PADA SAFSaya ingat dulu saya ingin sekali memiliki usaha perkebunan. Kebetulan ada perkebunan Belanda NV Hollansch Amerikansse Plantage Matschappij. Perkebunan ini mau dijual dengan harga USD55 juta. Tapi bagaimana cara mendapat uang sebanyak itu, sementara di kantong uang saya nol.

Ini tantangan bagi saya. Saya putar otak. Saya lihat profil perusahaan perkebunan itu, saya lihat buku perusahaan, saya pelajari baik-baik. Rupanya di dalamnya ada uang cash USD15 juta p. Saya tanyakan ke orang perusahaan bagaimana jika uang cash itu diambil? Dia menjawab itu uang untuk replanting atau penanaman kembali.

Lalu saya tanya kalau penanaman kembali itu ditunda setahun bisa tidak? Dia menjawab bisa. Saya tanya kembali, kalau ditundanya dua tahun? Dia menjawab bisa juga. Nah berarti ada peluang menggunakan sementara uang itu.

Kemudian saya  pergi mencari uang untuk memberli perusahaan itu. Saya menemui Dirut Bank Bumi Daya Pak Omar Abdallah, almarhum. Saat itu saya temui dia di London. Saya katakan padanya  bahwa saya ingin beli perkebunan USD55 juta.

Kepada Pak Omar saya mengatakan: “Pak boleh tidak saya meminjam USD13 juta? Saya cuma mau meminjam satu detik saja.”ABURIZAL BAKRIE TINJAU HASIL KERAJINAN MAHASISWA DI IPB DARMAGA

Dia ketawa dan mengatakan ini pasti akal-akalan saya saja. Lalu dia memberi pinjaman dan harus saya kembalikan sesuai janji saya.

Padahal saya tidak punya uang sepeserpun dan harus membayar pinjaman USD13 juta itu. Lalu uangnya dari mana? Ingat, di perusahaan yang akan saya beli itu ada uang USD15 juta. Jadi setelah dapat pinjaman dan perusahaan itu jadi punya saya, saya ambil USD13 juta dan saya kembalikan ke Pak Omar.

Dari pinjam Pak Omar kan USD13 juta, lalu dari mana USD42 juta lainnya? Saya juga meminjam dari bank. Tapi yang ini saya tidak pakai janji mengembalikan cepat, tapi dengan memberi iming-iming imbalan bahwa jika saya dipinjami USD42 juta, nanti saya akan memberinya keuntungan setahun USD2 juta.

Dari mana uang USD2 juta yang saya janjikan? Ingat, perusahaan yang saya beli ada uang USD15 juta. Saya ambil USD13 juta untuk Pak Omar, dan sisanya ada USD2 juta. Nah, makanya saya berani menjanjikan keuntungan USD2 juta.

Akhirnya saya bisa mendapat pinjaman total USD55 juta dan membeli perusahaan tersebut. Lalu perusahaan ini kami namakan United Sumatra Plantations, dan pada 1991 berubah nama menjadi Bakrie Sumatra Plantations. Ini bukti bahwa dengan modal nol saya bisa membeli dan memulai usaha di bidang perkebunan.

Tak hanya itu, saat selesai menghadapi kebangkrutan tahun 1998, saya ingin membangun usaha energi, dalam hal ini batubara. Saya pilih ini karena saya yakin ada tiga industri yang tidak akan pernah mati dan prospeknya bagus yaitu makanan, energi, dan air.

Tetapi, kendalanya saya tidak memiliki uang untuk membeli perusahaan batubara. Padahal ada yang ingin menjual dengan harga USD700 juta. Saya harus kembali putar otak untuk bisa membeli perusahaan itu dengan uang nol di kantong.

Akhirnya saya beranikan diri bernegosiasi dengan pemilik perusahaan ini. Setelah deal USD700 juta, lalu saya mencari dana untuk membelinya. Saya pura-pura punya uang segitu, padahal di kantong tidak ada.

Saya mulai dulu dengan mencari USD300 juta. Caranya saya panggil calon kontraktor. Saya tanya, mau tidak jadi kontraktor perusahaan batubara saya nanti. Saya janjikan pembagian keuntungan yang besar. Tapi syaratnya dia harus meminjamkan kepada saya uang dulu. Dia setuju dan meminjamkan USD60 juta. Saya juga pergi ke calon pemasar dan menjanjikan dia jadi pemasar dengan syarat sama yaitu meminjamkan uang dulu. Saya datangi beberapa, termasuk Mitsubishi yang akan memasarkan di Jepang. Hasilnya, saya bisa mendapatkan uang total USD300 juta dari mereka.

Tapi saya masih butuh USD400 juta. Padahal saat itu bank-bank di Indonesia dilarang memberikan kredit pada kami. Lalu saya cari di luar negeri dan akhirnya mendapatkan pinjaman dari bank di Singapura. Dia bersedia memberikan kredit USD400 juta dengan syarat saya memberikan keuntungan kepadanya USD20 juta. Oke, walau berat hati tapi tidak apa-apa. Akhirnya saya terima dan saya bisa membeli perusahaan yang sekarang kita kenal sebagai Kaltim Prima Coal (KPC) itu.

Dari cerita pengalaman saya itu ada dua hal penting yang patut digarisbawahi dan dijadikan pegangan. Pertama, bisnis itu tidak ditentukan oleh modal atau uang, tetapi oleh ide. Buktinya, dengan modal nol saya bisa. Jadi tidak ada lagi alasan tidak mau berusaha karena tidak ada modal. Faktanya, saya dengan modal nol bisa.

Yang ke dua, terimalah kerjasama dengan orang, meski kita cuma mendapat sedikit bagi hasil. Jangan buru-buru menginginkan keuntungan besar. Yang penting bisa menemukan orang yang mau bekerjasama dengan kita–dalam kasus saya, menemukan orang yang mau meminjamkan uang.

Ini penting, karena biasanya orang yang memiliki ide selalu langsung menuntut suatu yang besar. Misalnya ada mahasiswa yang punya ide bisnis, lalu dia pergi ke orang yang punya uang, dan mereka sepakat kerjasama. Tapi pemilik uang mengatakan hanya mau membagi hasil 10 persen ke mahasiswa itu. Kebanyakan orang yang ada di posisi seperti mahasiswa itu akan marah dan tidak setuju. Mereka maunya 50:50. Bagi saya, ini sikap atau pemikiran yang salah.

Kenapa salah? Karena dengan menuntut 50 persen, si pemilik uang tidak setuju, maka kerjasama tidak berhasil. Akibatnya, hasilnya nol. Jadi 50 persen kali nol hasilnya adalah nol. Sementara jika mengalah dan mau dengan 10 persen, lalu kemudian ada hasilnya 100, maka dia akan mendapatkan 10 persen dari 100 yaitu 10. Sepuluh ini jauh lebih besar dari nol.

Maka, dalam berbisnis jangan pernah menghitung uang di kantong orang lain. Pikir uang di kantong kita sendiri, kantong kita bertambah tidak? Ini penting, karena banyak yang salah di fase ini. Terjebak prosentase besar yang ujungnya hanya menghasilkan nol.

Itulah pelajaran bisnis yang saya buktikan dengan pengalaman saya sendiri. Tidak hanya teori, tapi sudah saya praktekkan dan saya buktikan. Jadi, siapa bilang tak bisa memulai bisnis dengan modal nol?

    • syr
    • August 20th, 2014

    Saat saya uda punya usaha home industri di ujug timur indonesia, pngen punya bisnis lebih maju n berkembg tp kndala modal,pdahal peluang dsini sngt besar untuk berbisnis, moga aja bpk mw n tertarik, join ma bisnis sy. Salam sukses

    • Muhadi
    • August 28th, 2014

    saya ingin membuka usaha Tv kabel didaerah asal kelahiran Ibu saya Tulung Agung tepatnya sekitar waduk Wonorejo, karena daerahnya memeng agak terpelosok maka untuk siaran Televisi Nasional tidak bisa diterima gambarnya dengan bersih
    meski demikian masih tetap mereka nikmati karena memang itulah satu satunya hiburan yang dapat mereka nikmati selain Radio dan Tape. oleh karena itu saya mempunyai gambaran untuk membuat usaha TV kabel di sana yakni dengan menyalurkan gambar dari satu sentral kepada rumah rumah di sekitarnya melalui kabel, karena dengan tidak adanya modal maka sampai saat ini gagasan itu belum juga terwujud, dan kebetulan saya membaca artikel ini mudah mudahan ini bisa jadi jalan untuk mewujudkan gagasan saya tsb, modal yang saya perlukan hanya kisaran Rp 50 000 000, dan dalam kurun waktu tidak sampai 1 tahun ( 6 Bulan – 8 Bulan ) Insya Allah modal itu sudah dapat saya kembalikan seluruhnya.mudah mudahan Bapak tertarik dan mendukung gagasan saya juga berkenan untuk memberikan pinjaman modal pada saya, trimakasih.

  1. Sangat inspiratif

  2. Saya Tidak Percaya jaman Sekarang Mah Pasti Perlu Modal,,JArang terjadi Modal nol,,saya sudah pontang panting disini paling modal nol itu yah jadi makelar…ada info..info…itu itupun jarang terjadi orang juga harus hati hati juga dengan kita….( tapi kalau memang ada saran yang bagus saya boleh juga dikasih tau )..tapi jarang terjadi sih modal kosong bisa sukses….

  3. Saya sudah ada usah hanya usaha saya belum berkembang seperti yang lain jadi saya sekarang sangat membutuhkan modol untuk menambahkan modal usaha saya tempat usaha saya sekarang di lokasi BENGKULU tempat usaha saya masih tergantungan dengan orang tua saya bisakah saya menambah modal usaha saya itu, sekarang sya membuka usaha Konter HP, serta 6 unit komputer alisa warnet tampa modal bisakah bapak/ibu membantu saya dikasih modal dengan tanpa anggunan.

    • hermansyah
    • September 5th, 2014

    Saya beral dr sumatra kab.batu bara..saya mw buat usaha dagang ikan cuma modal saya gak ada jd gmn cr nya pak

  4. luar biasa pak ical, saya sebagai kaum muda sungguh terinspirasi dengan cerita bapak diatas dan ingin sekali rasanya hati ini mulai menjalankan bisnis, doakan saya pak, semoga saya bisa sukses seperti bapak.. amien..

    • Hifairi zulpan
    • September 9th, 2014

    Saya berasal dari sumbawa NTB ingin sekali membuka tempat olah raga khususnya futsal melihat animo masyarakat yg cinta sepakbola. jika Anda berkenan menjadi investor bisa menghubungi di 081916945212

  5. saya butuh uang secepat nya / sekarang

    • tama
    • September 10th, 2014

    Kami bergelut di bidang usaha transportasi, namun butuh modal besar untuk menambah armada car carrier. Saat ini kami hanya memiliki 2 unit truck car carrier. Sedangkan pengiriman perbulan rata2 400 unit mobil baru. Kami membutuhkan 3 Unit truck Car carrier sebagai modal tambahan. Apa bisa di bantu? Terima kasih.

    • gina
    • September 10th, 2014

    Saya butuh banget modal pak untuk buka usaha gmn cara nya? Bpk kn pebisnis boleh lah pak pinjamkan kami uang barang 10jt untuk buka usaha yg tanpa jaminan krn sya ga punya jaminannya tolong saya pak.

  6. saya sudah coba yang bapa bilang. ternyata tidaka ada yang mau berani meminjamkan uangnya kepada saya pak.
    saya jadi semakin bingung, saya kehabisan ide, karena sudah saya usahakan, tetapi tetap gagal pa.

    • widodo
    • September 13th, 2014

    mohon saran,saat ini saya hampir menyerah dengan mimpi2 saya…

    • Febby Maramis
    • September 17th, 2014

    Salam Pak Aburizal……
    Anda Salah Satu Favorite Saya. Pada Dasarnya Seorang Pengusaha Slalu Memiliki Jiwa Kepemimpinan Yg Paling Tinggi. Di Seluruh Dunia pun, hal ini akan slalu sama. Ketika Dalam Sistem Pemerintahan pun, Investorlah Yg paling Menentukan Perekonomian Negara dan Rakyat. Apalagi Bila di dukung langsung oleh Investor dalam negri. Jika Saja Saya beruntung Menjadi Murid Ataupun Orang Kepercayaan Bapak Saya Pasti besyukur Skali. Tetapi kalaupun belum ada kesempatan tidak apa-apa, yg jelas saya akan tetap tawakal untuk menjadi pengusaha berhasil….biar bisa ketemu bapak. Terimakasih

    • Febby Maramis
    • September 17th, 2014

    Salam Pak Aburizal……
    Anda Salah Satu Favorite Saya. Pada Dasarnya Seorang Pengusaha Slalu Memiliki Jiwa Kepemimpinan Yg Paling Tinggi. Di Setiap negara pun, hal ini akan slalu sama. Ketika Dalam Sistem Pemerintahan , Investorlah Yg paling Menentukan Perekonomian Negara dan Rakyat. Apalagi Bila di dukung langsung oleh Investor dalam negri. Jika Saja Saya beruntung Menjadi Murid Ataupun Orang Kepercayaan Bapak Saya Pasti besyukur Skali. Tetapi kalaupun belum ada kesempatan tidak apa-apa, yg jelas saya akan tetap tawakal untuk menjadi pengusaha berhasil….biar bisa ketemu bapak. Terimakasih (0813 5569 4597/ 085343891212)

    • Riska
    • September 25th, 2014

    Bapak yang terhormat, saya Riska, tinggal dan bekerja di Belanda sudah 14 tahun. Saya ingin memulai bisnis property di England tapi tersandung biaya investasi sekitar €75.000.
    Saya punya rumah sendiri de Belanda di beli dengan credit/mortgage.
    Di London saya tau ada BNI 46. Tapi saya tidak tau apa persyaratan untuk pinjam uang tersebut.
    Mohon informasi dari Bapak bagaimana saya bisa mendapatkan dana tersebut.

    Sebelumnya saya ucapkan ribuan terimakasih.

    Wassalam,

    Riska

    • krisna
    • September 28th, 2014

    Alhamdulillah sy dah membuat maju bisnis orang tua sy,dengan cara menghilangkan satu rumah u/ d jadikan 3…dan tanpa da hutang dari pihak manapun…

    • siska
    • September 29th, 2014

    kl smua usaha berasal dr ide…..saya justru mati di modal.
    saya ingin mengajukan ke bank tp smua hrs ada jaminan atau usaha yang sedang berjalan.padahal kl dihitung2 usaha saya bth modal kurang dari 10 jt…..tapi sulut skali.
    karna g slamanya saya akan jadi karyawan seseorang karna masa usia produktif seseorang ada batasnya….apabila ada yang bs memberi solusi…mohon berbagi ilmu….

  7. Salam Pak Ichal..
    saya setuju sangat dengan ide ide yang pak ichal ungkapkan di atas. bpk bisa melakukan itu karena LINK. LINK yang okeh banget. skrng Bapak pergi kemanapun di sudut indonesia gampang sangat memulai usaha tanpa modal. karena figur Bapak yang luar biasa. nah kalau kita kita ini..? duh pak pak.. rasanya sulit banget pak.. sulit sekali.. saya udah coba kiri kanan susah

    • david handoko
    • October 17th, 2014

    wah. senang mendengarnya
    saya punya banyak ide bisnis sejak kecil
    tp karna terkendala modal ide ide itu lewat begitu saja
    saya pernah memulai usaha budidaya ikan lele
    dan nila
    langsung setelah lulus sma tepat tahun 2014 ini
    namun keuntungannya tidak berjalan lancar

    karena terkendala dana pemasarannya setelah ikan siap panen.

    • ditonation
    • October 18th, 2014

    ea.. emang sih itu kalo mereka yang ga mikir sama dosa RIBA.. KTP doang islam … semoga Allah selalu memberi ku hidayah dan kesabaran tetap berada di dalam islam kaffah dan juga kalian semua.. amin

  8. Pak bakrie minta 10% aja data orang2 yang bisa minjemin uang via telpon dan gag ribet.

    Saya bikin kebun cengkeh

1 ... 8 9 10
  1. January 18th, 2013
    Trackback from : wedding dresses madison wi

Spam Protection by WP-SpamFree